Kamis, 05 Januari 2017

LAB 1 – Preparation Cisco

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada kali ini kita akan membahas pengenalan Cisco dulu nihh. Gimana sih anak - anak jaringan membuat skema (Topologi) dan gimana mereka menerapkan pelajarannya jika tidak ada real devicenya. Ya tentunya mereka menggunakan simulator jaringan untuk mengimplementasi ilmu mereka agar selalu mengingatnya. Lanjut ke TKP hehehe.


Banyak simulator dalam memperagakan Jaringan contohnya seperti : GNS3, Paket Tracer dll. Namun dalam hal ini kita akan menggunakan Cisco Paket Tracer. Karena kalau pakai GN3 lumayan berat dan memakan memory yang lumayan banyak. Sedangkan,  Cisco Paket Tracer sangan ringan sangat cocok untuk pembelajaran.  Okehhh.. kalau begitu kita lanjut ke TKP.

Sebelumnya bagi anda yang belum memiliki Cisco Pakte Tracer silahkan download terlebih dahulu diweb-web yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya (pencitraan nihh yee..).  Saya sendiri menggunakan Cisco Paket Trace. Ada dua type Cisco Paket Trace For Student dan Cisco Paket Trace. Namun yang saya gunakan Cisco Paket Trace 6.3. Dan kira-kira seperti ini lah tampilannya :

                            

Gambar 1.1 Tampilan pada Cisco Paket Trace

Untuk menggunakan menu-menu diatas anda hanya perlu Drag and Drop saja ke area kerja tidak perlu menggunakan perintah apapun. Dan untuk masuk keterminal atau console anda hanya perlu double click pada device / perangkat. (Cukup mudah bukan? hehe).

Ketika sudah di klik tampilan kira-kira akan seperti ini :


Gambar 1.2 Terminal / Console pada router 0

Pilih Yes  jika kita ingin mengkonfigurasi secara otomatis . Pilih no jika kita ingin menkonfigurasi secara manual. 

0 komentar:

Posting Komentar