Jumat, 06 Januari 2017

LAB 2 – User, Privilage dan Global Configuration Mode

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Pada kesempatan kali ini ane mau jelasin sedikit beberapa mode dalam pengoprasian Cisco. Pastinya saat kita mengkonfigurasi tidak mungkin kita asal masuk  saja. Tentunya kita harus masuk ke berbagai mode. Ada mode apa aja ?  Yuks kita lanjut ke TKP.



Pada  Cisco Memiliki beberapa mode, diantaranya :
1.       User  mode
2.       Previlage  mode
3.       Global Configuration mode

1.      User  Mode

Dalam User mode tandanya adalah “Hostname>” . Biasanya pada router atau switch default nya adalah “Router>” , “Switch>”. Dalam mode ini kita tidak dapat konfigurasi apapun, kita dapat menggunakan (?) untuk mengetahui perintah apa saja yang ada pada mode ini.

         
Gambar 2.1 Tampulan User Mode

          2.    Privilage Mode

Pada Privilage mode tandanya adalah “Hostname#”.  Dalam mode ini ditandai dengan tanda (#). Untuk memasuki mode ini kita perlu memasukan perinta enable. Untuk melihat perintah apa saja pada mode ini kita gunakan tanda (?).

 
      Gambar 2.2 Tampilan Mode Privilage

     Dalam mode ini juga kita dapat melihat  dengan menggunakan show :

 
Gambar 2.3 Tampilan show

     Contoh penggunaan perintah show :

 
Gambar 2.4 Contoh Tampilan Show
         

         3.    Global Configuration Mode

Pada mode ini lah kita mengkonfigurasi switch atau router. Dalam mode ini ditandai dengan “hostname(config)#”. Untuk masuk ke mode ini kita perlu menulis perintah Configuration Terminal maka akan masuk ke mode tersebut.

Gambar 2.5 Tampilan Configurasi Terminal

Dalam mode ini kita dapat mempersingkat kata seperti (Conf t) atau (sh ip interface br) atau menyelesaikan perintah dengan menekan tombol TAB.  Dan dalam mode ini jika kita ingin kembali ke Privilage mode kita bisa menekan kombinasi tombol CTRL + Z .

0 komentar:

Posting Komentar