Minggu, 15 Januari 2017

LAB 5 – Trunking

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Agan dan eneng kali ini kita akan membahas tentang trunking. Dalam skema atau topologi tentunya ada vlan yang sama namun berbeda switch, nah pada dasarnya kalau kita berbeda switch tentu saja kita tidak dapat saling terhubung karena perbedaan konfigurasi dan pada dasarnya setiap port swtich default mode nya adalah ACCESS. Asumsinya tentu saja kita membutuhkan jalur penghubung. Nahh trunking ini lah di ibaratkan sebagai penghubungnya mode portnya adalah TRUNK.


VLAN digunakakan untuk mengkonfigurasi agar masing – masing inteface memiliki network – network yang berbeda agar dapat dikelompokan berdasarkan user atau grup dalam satu switch. Bagaimana jika terdapat beberapa switch ?. Maka kita menggunakan Trunking.

Trunking digunakan untuk menghubungkan vlan yang berbeda switch. Agar dapat berbagi paket data sedangkan interface yang di trunking adalah interface yang mengarah ke switch.


Kita akan melanjutkan dari topologi sebelumnya. Karena kita sudah menkonfigurasi switch 1 maka kita hanya perlu mengkonfigurasi switch 2.

SW2#conf t
SW2(config)#vlan 20
SW2(config-vlan)#name Lantai-1
SW2(config-vlan)#ex
SW2(config)#vlan 10
SW2(config-vlan)#name Lantai-2
SW2(config-vlan)#ex

Kemudian kita masukan masing – masing interface kedalam vlan.

SW2(config)#int fa0/2
SW2(config-if)#switchport mode access
SW2(config-if)#switchport acc vlan 10
SW2(config-if)#ex
SW2(config)#int fa0/3
SW2(config-if)#switchport mode access
SW2(config-if)#switchport acc vlan 20 

Sekarang kita coba ping dari PC7 menuju PC8.


Hasilnya akan RTO karena kita menggunakan switch yang berbeda. Maka kita akan mengkonfigurasi penghubungnya yaitu trunking. 

SW1(config)# int fa0/5
SW1(config-if)#switchport mode trunk

SW2(config)#int fa0/1
SW2(config-if)#switchport mode trunk

Dalam trunking kita dapat mengkonfigurasi pada salah satu switch atau ke dua – duanya. Dan untuk melihat kita dapat menggunakan perintah Show interface trunk .


Lalu kita coba lakukan ping dari PC7 ke PC8


0 komentar:

Posting Komentar